Resep Kue Kuping Gajah - Camilan unik, tipis dan bermotif

Biasanya kue kuping gajah juga dihidangkan kepada para tamu pada hari-hari tertentu seperti hari-hari perayaan besar.
DUNIA.WEB.ID
Kue kuping gajah ini merupakan salah satu kue/camilan/cemilan tradisional asli Indonesia. Camilan ini memiliki bentuk yang unik serta rasa yang manis, enak juga renyah. Seperti bentuknya yang unik, cemilan yang memiliki bentuk tipis juga bermotif ini memang sesuai dengan namanya, yaitu menyerupai kuping gajah.




Selain bentuknya yang unik dan istimewa itu, kue kuping gajah ini memiliki aneka rasa loh, mulai dari rasa coklat, vanila hingga rasa mocca. Kue kuping gajah ini dapat ditemui di pasar-pasar tradisional dan juga swalayan. 

Namun, semakin jarang dijumpai karena proses pembuatannya yang cukup rumit. Padahal teknik pembuatannya cukup mudah dan bahan-bahannya pun mudah didapat. Kue kuping gajah ini cocok untuk dikonsumsi semua usia, karena tidak mengandung bahan pengawet juga pemanis buatan. 

Oiya, kue kuping gajah ini cocok untuk disajikan sebagai camilan maupun teman menonton TV atau membaca majalah. Biasanya kue kuping gajah juga dihidangkan kepada para tamu pada hari-hari tertentu seperti hari-hari perayaan besar.

Mau tau Resep Membuat Kue Kuping Gajah ? Yuk simak :


    • Bahan-Bahan : 
      • ~ 300 gram tepung terigu, ayak 
        ~ 2 sdm mentega
        ~ 75 gram gula halus
        ~ ½ sdt garam
        ~ ¼ sdt vanili
        ~ 1 butir telur
        ~ 75 ml santan dari 1/2 butir kelapa, masak dan dinginkan
        ~ 1½ sdm coklat bubuk.

    • Cara Membuat:
      • ~ Campur mentega, terigu, gula, garam dan vanili, aduk hingga rata. Masukkan telur, tuang santan sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan tidak lengket.

        ~ Pisahkan seperempat adonan, beri coklat bubuk, aduk rata lalu gilas atau pipihkan adonan. Demikian juga adonan sisa yang berwarna putih kekuningan.

        ~ Letakkan adonan coklat di atas adonan putih kekuningan, tekan perlahan hingga melekat.

        ~ Gulung hingga padat, bentuk adonan menjadi silinder, simpan dalam lemari pendingin hingga 2 jam sampai adonan mengeras. Keluarkan adonan, potong melintang tipis, gilas kembali potongan adonan hingga tipis.

        ~ Goreng dalam minyak panas yang banyak hingga kue matang dan kering, angkat dan tiriskan. Susun dalam toples kedap udara.

      Demikian Resep Kue Kuping Gajah ini, selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan. Oiya, jangan lupa bagikan konten ini agar semua bisa mencoba membuat Kue Kuping Gajah sendiri di rumah. 
    Komentar