10 Manfaat Tanaman Rambat

Kamu tau gak, ternyata tanaman rambat itu bermanfaat loh. Apasih manfaatnya? yuk baca lebih lanjut artikel ini.
DUNIA.WEB.ID
Tanaman rambat atau liana adalah tanaman yang tumbuh menempel pada pohon atau batang tanaman lain. Tanaman rambat juga tanaman yang dapat tumbuh dengan cara menyebar melalui rambut akar atau tunas yang muncul di permukaan tanah. 


Photo by Yaroslav Shuraev : https://www.pexels.com/photo/a-concrete-stairs-full-of-vines-4183591/


Berikut di bawah ini beberapa manfaat dari tanaman rambat adalah:

1. Pengendalian & penahan erosi: 
Tanaman rambat dapat digunakan untuk mengendalikan erosi tanah dengan menutupi tanah yang terbuka dan menjaga kelembaban tanah juga dapat digunakan untuk menahan erosi tanah, karena akar yang kuat dapat menjaga tanah tetap stabil dan mencegah erosi.

2. Penghijauan: 
Tanaman rambat dapat digunakan untuk menghijaukan area yang kosong atau terlantar, seperti tanjung, bukit, atau tanah kosong.

3. Penyaring air & udara: 
Tanaman rambat dapat digunakan untuk menyaring air, karena akar tanaman dapat menyerap zat-zat berbahaya dan menjaga air tetap bersih. Selain itu, tanaman rambat juga dapat menyaring udara dengan menangkap debu dan polusi, sehingga meningkatkan kualitas udara di sekitar lingkungan.

4. Pengendalian banjir:
Tanaman rambat dapat digunakan untuk mengurangi risiko banjir, karena akar tanaman dapat menyerap air dan mengurangi tekanan pada sistem drainase.

5. Peredam suara:
Tanaman rambat dapat digunakan untuk meredam suara, karena daun dan batang tanaman dapat menyerap suara dan mengurangi kebisingan.


6. Penyedia makanan:
Beberapa tanaman rambat menghasilkan buah atau sayuran yang dapat dimakan, seperti jambu biji, kacang-kacangan, atau sayuran seperti kacang panjang.


7. Penyedia habitat bagi hewan:
Tanaman rambat dapat menyediakan habitat yang baik bagi berbagai jenis hewan, seperti burung, kera, atau primata.


8. Penghias:
Tanaman rambat dapat digunakan sebagai tanaman hias di taman atau kebun yang menambah keindahan lingkungan


9. Penyedia bahan baku : 
Beberapa tanaman rambat digunakan sebagai bahan baku industri seperti rotan, bambu, daun, dll


10. Penyedia obat :
Tanaman rambat juga memiliki sifat obat, beberapa di antaranya digunakan dalam pengobatan tradisional.

Beberapa tanaman rambat yang umum digunakan sebagai tanaman penghijauan, penahan erosi, dan penyaring air diantaranya adalah : Ivy, Pothos, Monstera, Philodendron. Yak! Demikian itu tadi adalah 10 Manfaat Tanaman Rambat. Semoga artikel ini juga bermanfaat bagi semua pembaca. 
تعليقات