Pengertian SEO, Jenis, Cara Kerja & Manfaatnya.

SEO adalah singkatan dari "Search Engine Optimization" yang merupakan proses perbaikan dan optimisasi untuk meningkatkan kualitas dan relevansi website agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari seperti Google, Bing atau Yahoo.

Photo by Valeri Mak: https://www.pexels.com/photo/a-person-searching-in-google-9169534/


Proses ini meliputi beberapa tahap, seperti analisis kata kunci, optimisasi on-page, optimisasi teknis, pembuatan backlink, dan analisis juga pemantauan. Tujuannya adalah untuk lebih mudah dikenali dan diindeks oleh mesin pencari dan meningkatkan peringkat website di hasil pencarian mesin pencari, yang pada akhirnya dapat meningkatkan trafik dan eksposur website. Selain itu, SEO juga dapat memberikan manfaat lain seperti meningkatkan brand awareness, konversi, dan posisi bisnis.

Cari tau manfaat SEO selengkapnya di sini : Manfaat Menggunakan Teknik SEO.

Cara kerja SEO terdiri dari beberapa tahap, di antaranya adalah:

Analisis Kata Kunci:
Tahap ini melibatkan penentuan kata kunci yang sesuai dengan topik website dan yang sering dicari oleh pengguna.

Optimisasi On-Page:
Tahap ini melibatkan optimisasi halaman website, seperti judul halaman, deskripsi meta, struktur HTML, dan konten.

Optimisasi Teknis:
Tahap ini melibatkan optimisasi teknis website, seperti kecepatan loading, mobile-friendly, dan optimisasi URL.

Pembuatan Backlink:
Tahap ini melibatkan pembuatan backlink yang berkualitas dari website lain yang terkait dengan topik website.

Analisis dan Pemantauan:
Tahap ini melibatkan analisis hasil dan pemantauan peringkat website di hasil pencarian mesin pencari.

Mesin Pencari menggunakan algoritma yang kompleks untuk menentukan peringkat website di hasil pencarian, yang memperhitungkan berbagai faktor seperti kualitas dan relevansi konten, struktur website, dan jumlah dan kualitas backlink. Setelah website dioptimalkan, perlu diukur dan di analisis untuk mengetahui sejauh mana hasil yang diharapkan.

Ada Dua Jenis SEO, Yaitu:

SEO On-Page:
Ini adalah tahap optimisasi yang dilakukan pada website itu sendiri, termasuk optimisasi konten, meta tag, struktur halaman, dan lain-lain.

SEO Off-Page:
Ini adalah tahap optimisasi yang dilakukan di luar website, termasuk pembuatan backlink dari website lain yang relevan, sosial media dan iklan.

SEO On-Page difokuskan pada perbaikan website itu sendiri, seperti perbaikan konten, meta tag, struktur halaman, dan lain-lain. SEO Off-Page difokuskan pada pembuatan backlink dari website lain yang relevan, sosial media dan iklan. Kedua jenis SEO ini saling berkaitan dan saling melengkapi, sehingga dalam melakukan optimisasi website harus diperhatikan kedua jenis SEO tersebut.

Nah di atas tadi adalah Pengertian, Jenis, Cara Kerja & Manfaat dari SEO. Semoga artikel ini cukup bermanfaat bagi semua, jangan lupa bagikan dan terima kasih telah berkunjung ke sini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama