Apa itu Virus Rabies?

Virus rabies menyerang sistem saraf pusat manusia dan hewan, menyebabkan peradangan pada otak dan sumsum tulang belakang.
DUNIA.WEB.ID

Rabies adalah penyakit infeksius yang disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini biasanya ditularkan kepada manusia melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi virus rabies, terutama anjing.

Apa itu Virus Rabies?

Virus rabies menyerang sistem saraf pusat manusia dan hewan, menyebabkan peradangan pada otak dan sumsum tulang belakang. Setelah terinfeksi, gejala rabies mungkin tidak segera terlihat, dan masa inkubasi penyakit ini dapat bervariasi dari beberapa minggu hingga beberapa tahun. Namun, biasanya inkubasi berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Gejala rabies umumnya berkembang melalui dua tahap. Tahap awal disebut tahap prodromal, yang ditandai dengan gejala seperti demam, sakit kepala, kelelahan, mual, dan nyeri pada tempat gigitan. Tahap ini kemudian berkembang menjadi tahap akut, di mana gejala neurologis muncul, seperti agitasi, kecemasan, kebingungan, gangguan tidur, halusinasi, hiperaktif, kesulitan menelan (disfagia), serta kejang dan kelemahan otot yang progresif. Akhirnya, penyakit ini dapat menyebabkan koma dan kematian.

Rabies adalah penyakit yang serius dan fatal jika tidak ditangani dengan cepat. Oleh karena itu, jika seseorang dicurigai terkena gigitan hewan yang berpotensi terinfeksi rabies, segeralah mencari bantuan atau perawatan medis. Perawatan yang umum dilakukan setelah paparan virus rabies meliputi pembersihan luka, pemberian vaksin rabies, serta pemberian serum atau imunoglobulin rabies untuk memberikan perlindungan segera terhadap virus.

Untuk pencegahan rabies, vaksinasi rutin pada hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, sangat penting. Selain itu, jika seseorang tergigit atau terkena kontak langsung dengan hewan yang dicurigai terinfeksi rabies, segera mencari perawatan medis dan mengikuti prosedur pencegahan yang dianjurkan oleh otoritas kesehatan setempat.

Demikian penjelasan tentang apa itu virus rabies di atas ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua dan dijauhkan dari virus ini. Jangan lupa bagikan konten ini untuk membantu teman-teman lain dalam mengenali dan tetap waspada terhadap virus yang satu ini.


Photo by Tima Miroshnichenko: https://www.pexels.com/photo/person-holding-black-and-brown-dog-6235122/

Komentar