Resep Lumpia Semarang Plus Saus Nikmat

Lumpia Semarang merupakan salah satu jajanan primadona dalam hal kuliner di sana. Kota Semarang menjadi pusat lumpia yg terkenal di Nusantara.
DUNIA.WEB.ID
Resep Lumpia Semarang Plus Saus Nikmat - Makanan yang bernama lumpia ini memang sangat populer di Kota Semarang. dengan rasa yang enak , gurih dan lezat membuat lumpia Semarang ini menjadi disukai oleh banyak orang.

Jika kita lihat lumpia Semarang merupakan salah satu jajanan primadona dalam hal kuliner di sana. sehingga Kota Semarang menjadi pusat lumpia yang terkenal di Nusantara.



Jika kamu berlibur atau berkunjung ke Kota Semarang jangan sampai lupa untuk mencicipi lumpia Semarang ini yah. Di Kota Semarang kamu tidak akan kesulitan mencari lumpia goreng Semarang yang gurih dan lezat ini . Kenapa? ya karena memang banyak sekali para pedagang yang menyajikan lumpia goreng yang masih hangat beserta dengan sausnya yang nikmat ini. Mulai dari para pedagang kaki lima , kedai lumpia , rumah makan lumpia hingga restauran yang terkanal di sana.

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa lumpia Semarang ini begitu populer? Tentu saja hal ini di sebabkan karena isi dari lumpia yang berbeda dengan lumpia goreng pada umumnya. Jika lumpia goreng biasa, biasanya diisi dengan sayuran dan bihun. Berbeda dengan lumpia Semarang yang diisi dengan daging ayam dan udang yang gurih.

Pokoknya tak bisa dibayangkan lagi betapa lezat dan makyusnya lumpia Semarang ini. Maka, jangan heran lagi jika lumpia Semarang selain di sukai oleh warga Semarang banyak juga di sukai oleh para wisatawan. Bagi kamu yang jauh dari Kota Semarang tak perlu berkecil hati dan tak perlu jauh-jauh hanya untuk menikmati lezatnya lumpia Semarang. Kenapa? ya karena dengan mengikuti Resep Lumpia Semarang Plus Saus yang Nikmat ini kamu dapat membuatnya sendiri di rumah loh. Yeay!

Udah gak sabar mau buat Lumpia Semarang yang satu ini ya?  yuk langsung aja simak Resep Lumpia Semarang Plus Saus Nikmat berikut ini :

Bahan-bahan Untuk Kulit Lumpia Semarang :
Kulit Lumpia 20 lembar ( yang siap pakai )
Tepung terigu 2 sendok makan lalu di cairkan dengan 3 sendok makan air ( digunakan untuk perekat )
Minyak goreng ( digunakan untuk menggoreng lumpia )

Bahan-bahan Isi Lumpia Semarang :
Daging ayam 100 gram ( dicincang )
Rebung 250 gram ( diiris korek api )
Udang 50 gram ( dicincang )
Tauge 100 gram ( dibuang akarnya )
Telur ayam 3 butir ( di kocok lepas dan buat orak arik telur )
Bawang putih 5 siung ( digeprek dan dicincang halus )
Daun bawang 50 gram ( dicincang )
Minyak goreng 2 sendok makan
Lada bubuk 2 sendok teh
Garam 2 sendok teh
Kaldu ayam bubuk 1 bungkus
Kuah Kaldu ayam 50 mili liter
Kecap manis 2 sendok makan
Ebi 1 sendok makan ( dicincang halus )

Bahan Saus Lumpia Semarang :
Air putih 150 mili liter
Gula merah 40 gram ( diris halus )
Garam 1 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Cuka secukupnya
Bawang putih 1 siung ( digeprek lalu dicincang halus )
Tepung maizena 1 sendok makan ( yang di cairkan dengan 1 sendok makan air )

Cara Membuat Lumpia Semarang :
Untuk Isi : Pertama-tama tuang 2 sendok makan minyak goreng dalam wajan panas , lalu masukkan bawang putih , tumis hingga tercium aroma wangi.

Lalu masukkan ebi , daging ayam dan udang , aduk hingga semua bahan tercampur rata .
Selanjutnya tuang kaldu ayam , orak arik telur , rebung , tauge , daun bawang , lada bubuk , garam dan kecap manis . masak sampai semua bahan matang, kemudian angkat lalu sisihkan.
Setelah itu ambil 1 lembar kulit lumpia , isi bagian tengannya dengan bahan isi lumpia , gulung lumpia dan rekatkan dengan tepung yang sudah di encerkan tadi .
Goreng Lumpia didalam minyak yang cukup panas dengan api sedang hingga kecolatan . angkat , tiriskan .

Cara Membuat Saus Lumpia Semarang :
Pertama-tama didihkan air , lalu masukkan gula merah , garam , gula pasir , cuka secukupnya , bawang putih , tepung maizena hingga bahan matang dan mengental . cicipi rasa , boleh tambahkan jika ada yang kurang . angkat .
Resep Membuat Lumpia Semarang Dengan Saus Nikmat siap untuk disajikan beserta dengan sausnya.

Untuk menambah nikmat selain disajikan dengan saus lumpia , kamu juga dapat menambahkan acar timur , saus sambal dan cabai rawit agar lebih terasa makyus . nah itu dia bahan-bahan dan cara membuat lumpia Semarangnya , cukup mudah bukan ? selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Lumpia Semarang Plus Saus Nikmat yang kami bagikan kali ini. 

Terima Kasih dan Semoga bermanfaat.
Komentar