Resep Membuat Sambal Pecel Nikmat

Karena rasanya yang lezat seringkali dipadukan dianeka makanan lainnya. seperti siomay, ketupat bakwan, ketupat tahu dan lain sebagainya.
DUNIA.WEB.ID
Resep Membuat Sambal Pecel Nikmat - Sambal ini terbuat dari kacang tanah yang digoreng hingga matang, lalu diberi gula merah dan aneka bumbu rempah lainnya kemudian diulek hingga sedikit lembut dan sambal ini disebut dengan sambal pecel. Selain itu banyak juga yang menyebutnya sambal kacang ataupun kuah kacang.

Sekarang, sambal pecel ini bukan lagi dinikmati dengan aneka sayuran rebus saja. Karena rasanya yang lezat seringkali dipadukan dianeka makanan lainnya. seperti siomay, ketupat bakwan, ketupat tahu dan lain sebagainya. 

Langsung saja yuk intip Resep Membuat Sambal Pecel Nikmat berikut ini :

Resep Membuat Sambal Pecel Nikmat :


Bahan-bahan Kuah Pecel :

  • Kacang tanah beserta kulit arinya 1 kilo gram ( goreng hingga matang )
  • Gula merah / gula jawa ( gula aren ) 1/2 kilo gram ( disisir hingga halus ) 
  • Cabai merah keriting 150 gram ( dipotong-potong sepanjang 3 centi meter )
  • Cabai rawi merah 10 butir ( sesuaikan jumlah dengan tingkat kepedasan yang diinginkan )
  • Bawang putih 7 siung
  • Kencur 6 buah ( ukuran 1 ruas jari )
  • Daun jeruk purut 10 lembar
  • Garam 3 sendok makan 
  • Air asam jawa 5 sendok makan ( rendam asam jawa dengan air panas untuk menghasilkan air asam yang kental )
  • Minyak 100 mili liter atau secukupnya ( digunakan untuk menumis bumbu )

Cara Membuat Kuah Pecel :

  1. Langkah awal , haluskan kacang tanah yang sudah digoreng tadi dengan food processor , di ulek atau dengan blender . begitu juga dengan gula merah , proses hingga halus ya . jika sudah halus semua , campur kacang tanah dan gula merah menjadi satu . sisihkan .
  2. Selanjutnya panaskan 100 mili liter minyak goreng atau secukupnya , lalu goreng cabai , bawang putih , kencur , dan daun jeruk hingga semua bahan layu dan matang . angkat , tiriskan , haluskan .
  3. Selanjutnya tuang bumbu halus , garam , dan air asam ke dalam wadah berisi kacang tanah dan gula merah yang sudah dihaluskan tadi . aduk hingga rata . ( kamu dapat mengaduknya dengan menggunakan tangan yang terbungkus dengan sarung tangan agar semua bumbu dapat tercampur dengan rata . aduk dan remas-remas semua bahan hingga sambal terasa mulai liat , lengket dan menggumpal ) . cicipi rasanya , jika ada yang kurang silahkan tambahakan sesuai selera .
  4. Terakhir masukkan sambal kedalam wadah tertutup rapat dan simpan di kulkas agar dapat bertahan lama , kurang lebih hingga 2 bulan . santap kuah pecel bersama sayur rebus atau siomay , selesai . 

Bahan-bahan kuah pecel diatas dibuat untuk mendapatkan sekitar 1 1/2 kilo gram kuah pecel . jika kamu ingin membuatnya lebih sedikit atau lebih banyak silahkan kurangi atau tambahkan semua bahan-bahan yang akan digunakan.

Dalam resep ini sengaja aku gunakan kacang dengan kulit arinya untuk menghasilkan kuah pecel yang lebih gelap warnanya. namun , kamu juga bisa menggunakan kacang tanah yang telah dikupas untuk menghasilkan warna yang lebih cerah .

Untuk menggoreng kacang tanahnya hati-hati ya, jangan sampai gosong agar hasil kuah pecelnya lezat sempurna tanpa ada rasa pahit karena menggunakan kacang yang gosong . saat menggorengnya harus hati-hati juga karena kacang suka meletup kala di goreng . untuk menghindari kegosongan , kamu cukup menggoreng hingga kacang terlihat mulai berubah warna menjadi gelap saja . jangan sampai menggoreng kacang terlalu berlebihan karena kacang akan terus melanjutkan pematangannya bahkan saat telah diangkat dari minyak . 

Selamat mencoba dan menikmati Resep Membuat Sambal Pecel Nikmat. Semoga bermanfaat.
Komentar