Perbedaan Antara Gelas, Mug & Cangkir

meskipun ketiganya tampak mirip dalam beberapa aspek, nyatanya, mereka memiliki perbedaan yg cukup signifikan dalam hal desain, ukuran, & penggunaan.
DUNIA.WEB.ID

Gelas, mug, dan cangkir adalah tiga jenis wadah yang sering digunakan untuk minuman, terutama air, teh, kopi, atau minuman lainnya. Kamu sudah tahu belum, kalau ternyata meskipun ketiganya tampak mirip dalam beberapa aspek, kenyataannya, mereka memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam hal desain, ukuran, dan penggunaan. Berikut adalah perbedaan antara ketiganya:

Perbedaan Antara Gelas, Mug & Cangkir


Gelas

Desain: Gelas umumnya memiliki bentuk silindris atau kerucut dengan bibir yang melengkung dan tidak memiliki pegangan. Beberapa gelas memiliki desain yang lebih khusus, seperti gelas koktail dengan bentuk kerucut lebih tinggi atau gelas anggur dengan bentuk yang lebih membulat. Karena desainnya yang sederhana, gelas lebih sering digunakan untuk minuman dingin, seperti air, jus, atau minuman ringan.

Ukuran: Gelas memiliki berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang besar, tergantung pada kebutuhan dan jenis minuman yang akan disajikan. Misalnya, gelas minuman keras biasanya lebih kecil daripada gelas air.

Penggunaan: Gelas sering digunakan untuk menyajikan minuman dingin seperti air, jus, soda, minuman ringan, dan minuman alkohol seperti bir atau koktail.


Mug

Desain: Mug memiliki bentuk yang lebih lebar dan cenderung berbentuk silindris. Yang membedakan mug dari gelas adalah adanya pegangan yang melekat pada tubuh mug, yang memungkinkan pengguna untuk menggenggamnya dengan nyaman.

Ukuran: Mug biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar daripada gelas atau cangkir. Ukuran standar mug bisa sekitar 250 hingga 500 mililiter.

Penggunaan: Mug biasanya digunakan untuk minuman panas seperti teh, kopi, cokelat panas, atau minuman instan. Penggunaan pegangan pada mug memungkinkan untuk menyajikan minuman yang panas tanpa khawatir tangan terluka karena suhu yang tinggi.


Cangkir

Desain: Cangkir memiliki bentuk yang lebar, mirip dengan mug, tetapi tidak selalu dilengkapi dengan pegangan. Beberapa cangkir memiliki pegangan, tetapi ada juga yang tidak, seperti cangkir kopi espresso yang umumnya tidak memiliki pegangan.

Ukuran: Cangkir memiliki kapasitas yang lebih kecil daripada mug, biasanya antara 150 hingga 350 mililiter.

Penggunaan: Cangkir, seperti mug, digunakan khusus untuk minuman panas seperti teh, kopi, atau cokelat panas. Cangkir dengan ukuran yang lebih kecil cocok untuk penyajian kopi espresso, sedangkan yang lebih besar digunakan untuk teh atau kopi dengan campuran susu.


Ringkasnya, perbedaan antara gelas, mug, dan cangkir terletak pada desain, ukuran, dan penggunaan. Gelas lebih serbaguna dalam penggunaannya untuk minuman dingin, sementara mug dan cangkir lebih fokus pada minuman panas dan dilengkapi dengan pegangan untuk kenyamanan pengguna. Pilihan antara ketiganya tergantung pada jenis minuman yang ingin disajikan dan preferensi pribadi dalam hal desain dan ukuran.


Photo by Joao S├│cola: https://www.pexels.com/photo/latte-on-glass-cup-and-espresso-on-ceramic-cups-6763225/

Komentar