Inilah Manfaat dari Puasa Ramadhan

Pada efek fisiologis, puasa ramadhan dapat menurunkan gula darah, kolesterol juga menurunkan tekanan darah sistolik
DUNIA.WEB.ID

Selain wajib hukumnya, melakukan puasa pada bulan ramadhan tentu memiliki banyak manfaat dan efek luar biasa bagi peningkatan kesehatan tubuh.

Manfaat dari Puasa Ramadhan



Pada efek fisiologis, puasa ramadhan dapat menurunkan gula darah, kolesterol juga menurunkan tekanan darah sistolik. Pada efek psikologis, puasa ramadhan dapat memberikan ketenangan jiwa dan kedamaian, meminimalisir permusuhan. Dalam dunia medis, efek psikologis ini berkaitan dengan stabilisasi yang lebih baik dari glukosa darah selama puasa, sedangkan hipoglikiia setelah makan itu memperburuk perubahan perilaku.

puasa ramadhan

Puasa dapat meningkatkan kecerdasan otak
Sudah pasti kamu akan menyadari efek positif puasa dapat memiliki kesejahteraan mental dan fokus spiritual, kekuatan otak meningkat dengan puasa Ramadhan, bahkan lebih signifikan daripada yang kamu kira. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat menemukan bahwa fokus mental dicapai selama Ramadan meningkatkan, tingkat faktor neurotropik yang diturunkan dari otak yang menyebabkan tubuh untuk menghasilkan sel-sel otak lebih banyak, sehingga meningkatkan fungsi otak. Demikian juga, penurunan yang berbeda dalam jumlah hormon kortisol, yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal, berarti bahwa tingkat stres sangat berkurang baik selama dan setelah Ramadhan.

Puasa dapat membuang kebiasaan buruk
Karena kamu akan berpuasa di siang hari, Ramadan adalah waktu yang tepat untuk membuang kebiasaan buruk kamu untuk selamanya. Kebiasaan buruk seperti merokok dan makanan manis tidak boleh terlibat selama puasa, dan ketika kamu menjauhkan diri dari hal buruk itu, maka tubuh kamu secara bertahap akan membiasakan diri dengan ketidakhadiran mereka, sampai kecanduan kamu hilang untuk selamanya. Puasa Ramadhan membantu kamu menghilangkan kebiasaan buruk, sebegitu pentingnya bahwa National Health Service di Inggris merekomendasikan sebagai waktu yang ideal untuk parit merokok.

Puasa dapat menurunkan kolesterol
Kita semua tahu bahwa penurunan berat badan adalah salah satu hasil fisik yang diakrenakan puasa selama bulan Ramadhan, tetapi ada juga berbagai macam perubahan yang sehat yang terjadi dibalik penurunan berat badan tersebut. Sebuah tim ahli jantung di UAE menemukan bahwa orang mengamati Ramadhan menikmati efek positif pada profil lipid mereka, yang berarti ada pengurangan kolesterol dalam darah. Kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung, sangat mengurangi risiko menderita penyakit jantung, serangan jantung, atau stroke. Terlebih lagi, jika kamu mengikuti diet sehat setelah Ramadan, kadar kolesterol yang baru diturunkan ini mudah untuk mempertahankan.

Puasa dapat menurunkan darah tinggi
Puasa merupakan salah satu metode non-obat untuk mengurangi tekanan darah. Ini membantu untuk mengurangi risiko aterosklerosis. Aterosklerosis menyumbat arteri oleh partikel lemak. Selama puasa glukosa dan lemak yang digunakan untuk menghasilkan energi. Tingkat metabolisme berkurang selama puasa. Hormon ketakutan-penerbangan seperti adrenalin dan noradrenalin juga berkurang. Hal ini membuat metabolisme stabil. Manfaatnya adalah penurunan tekanan darah.

Puasa dapat menjadi cara diet cepat dan sehat
Salah satu masalah utama dengan diet ekstrim adalah bahwa setiap penurunan berat badan sering cepat kembali bertambah. Hal ini tidak terjadi dengan Ramadhan. Penurunan makanan yang dikonsumsi di seluruh puasa menyebabkan perut kamu secara bertahap menyusut, yang berarti kamu harus makan lebih sedikit makanan untuk merasa kenyang. Jika kamu ingin masuk ke dalam kebiasaan makan yang sehat maka Ramadan adalah waktu yang tepat untuk memulai. Ketika itu nafsu makan kamu akan lebih rendah daripada sebelumnya, dan kamu akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk overindulge dengan makananmu.

Puasa dapat mengeluarkan racun dalam tubuh (Detoksifikasi)
Selain untuk membersihkan diri kamu secara rohani, Ramadan bertindak sebagai detoksifikasi yang fantastis bagi tubuh kamu. Dengan tidak makan atau minum sepanjang hari tubuh kamu akan ditawarkan kesempatan langka untuk detoksifikasi sistem pencernaan kamu sebulan penuh. Ketika makanan dalam tubuh kamu menjadi cadangan lemak untuk menciptakan energi, juga akan membakar diri setiap racun berbahaya yang mungkin hadir dalam timbunan lemak. Ini merupakan batu loncatan yang sempurna untuk gaya hidup sehat secara konsisten juga seteha Ramadhan.

Puasa dapat menyerap lebih banyak nutrisi
Dengan tidak makan sepanjang hari selama bulan Ramadhan kamu akan menemukan bahwa metabolisme kamu menjadi lebih efisien, yang berarti jumlah nutrisi yang kamu menyerap dari makanan membaik. Hal ini karena peningkatan hormon yang disebut adiponectin, yang diproduksi oleh kombinasi puasa dan makan di malam hari, dan memungkinkan otot-otot kamu untuk menyerap lebih banyak nutrisi. Hal ini akan menyebabkan manfaat kesehatan bagi seluruh tubuh, seperti berbagai bagian dapat lebih baik menyerap dan memanfaatkan nutrisi yang organ butuhkan untuk lebih berfungsi.

Puasa dapat mengurangi gula darah
Puasa meningkatkan pemecahan glukosa sehingga tubuh bisa mendapatkan energi. Ini mengurangi produksi insulin yang terletak pankreas. Glukagon diproduksi untuk memfasilitasi pemecahan glukosa. Hasil dari puasa adalah pengurangan gula darah.

Puasa dapat perbaiki sistem pencernaan
Selama berpuasa, organ-organ pencernaan beristirahat. Fungsi fisiologis normal terus terutama produksi sekresi pencernaan, tetapi dengan harga berkurang. Latihan ini membantu untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Pemecahan makanan terjadi pada tingkat yang stabil. Pelepasan energi juga mengikuti pola bertahap. Namun, puasa tidak menghentikan produksi asam di lambung. Ini adalah alasan pasien dengan ulkus peptikum disarankan untuk mendekati puasa dengan hati-hati.

Puasa dapat meningkatkan imunitas
Ketika seorang individu melakukan puasa, hal ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Penghapusan racun dan pengurangan lemak pada tubuh. Ketika seseorang memakan buah maka mereka meningkatkan cadangan tubuh dengan vitamin dan mineral. Vitamin A dan E adalah antioksidan yang baik tersedia dalam buah-buahan. Mereka membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Demikian diatas Manfaat dari Berpuasa Pada Bulan Ramadhan, semoga artikel ini juga bermanfaat untuk banyak orang. Terima Kasih & Selamat Berpuasa.
Komentar