Kamu Susah Tidur Malam / Insomnia? Ini Tipsnya!

Kita tidur juga bukan karena faktor kecapean atau kelelahan saja, tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup kita masing - masing.
DUNIA.WEB.ID

Kamu pasti tau dong kalau tidur itu adalah keadaan istirahat secara alami yang tentunya sangat baik dan penting untuk kesehatan. Kita tidur juga bukan karena faktor kecapean atau kelelahan saja, tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup kita masing - masing.


Sumber Gambar : www.naturallyintense.net


Sumber Gambar : www.bookwormroom.com



Nah, jika kebiasaan itu adalah hal yang buruk seperti biasa bergadang dan hal lain yang menyebabkan kita jadi insomnia atau susah tidur malam, maka pola hidup kita juga akan ikut buruk. Tentu pola hidup yang buruk akan mempengaruhi kesehatan kita karena istirahat yang tidak teratur. Tapi tenang, aku juga mengalami hal serupa. Jadi selain memberikan tips melawan insomnia atau susah tidur malam, admin juga mencoba melawan susah tidur malam dengan Tips - Tips Melawan Insomnia berikut ini :

JADWALKAN WAKTU TIDURMU
Kamu coba tentukan waktu tidur dan bangun dengan tepat. Jadi kalau kamu tidur pada jam yang sudah kamu tentukan sebelumnya itu, kamu harus sudah tidur dalam waktu itu juga. Begitu juga dengan ketika kamu bangun. Ya, intinya sih belajar disiplin, heehehe.  Kamu juga harus tetapkan waktu bangun yang sudah kamu tentukan. Minimal kamu tidur 8 jam per hari. Lakukan cara ini setiap hari.

BATASI JAM TIDUR SIANG
Jika kamu biasa tidur siang dan dengan durasi dalam hitungan jam, baik itu 1, 2 atau bahkan 3jam perhari coba mulai kurangi. Usahakan tidur siang hanya dalam durasi 10-30 menit saja. Sehingga ketika malam tiba anda dapat tidur lebih nyaman dan nyenyak tentunya.

MANDI SORE HARI / SEPULANG KERJA
Mandi sesaat di sore hari atau setelah kamu pulang kerja (ini jika kamu pulang kerja pada sore hari) dan bukan mandi ketika menjelang waktu tidur.

RAPIHKAN TEMPAT TIDURMU
Sebelum tidur, pastikan kalau tempat tidur yang kamu gunakan membuat kamu merasa sangat nyaman. Bersih dan rapihkan tempat tidurmu selalu.

MATIKAN TV & KOMPUTER
Jika kamu pengguna komputer untuk browsing ataupun bermain game, cobalah untuk berhenti bermain komputer dengan saat sebelum kamu tidur, minimal 30 menit. Begitu juga dengan Televisi, jika kamu seorang penikmat acara televisi tiap-tiap harinya. Istirahatkan otak kamu sejenak agar dapat lebih cepat untuk tidur.

MATIKAN GADGET
Lupakan sesaat gadget kamu sebelum tidur, jangan membawa ponsel di atas kasur menjelang waktu tidur. Karena kalau kamu masih sibuk dengan ponsel atau gadget tersebut menjelang tidur, akan meyebabkan kamu jadi susah tidur. Matikan ponsel atau gadget kurang lebih satu jam sebelum kamu tidur agar dapat untuk cepat tidur dan tidurmu jadi lebih nyenyak.

MATIKAN LAMPU KAMAR
Mematikan lampu kamar menjelang waktu tidur memang dapat membuat lebih cepat tidur. Karena terkena cahaya lampu yang begitu terang pada saat menjelang waktu tidur akan membuat kita menjadi sulit tidur. Pasti kamu ngerasain ini kok. Ya kan?

GUNAKAN PENUTUP MATA
Hal yang satu ini cukup dilakukan jika kamu tidak memungkinkan untuk mematikan lampu kamar ataupu juga jika kamu masih merasa sulit untuk tidur walau lampu kamar telah dimatikan. Karena ketika kamu benar-benar kesulitan untuk memejamkan mata, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan penutup mata, tujuannya untuk mencegah 100% mata terkena cahaya, sehingga mampu mengirim rangsangan ke otak untuk membantu proses mengistirahatkan tubuh dan pikiranmu.

FOKUSKAN PIKIRAN
Mulai mencoba untuk fokuskan pikiran, karena sangat penting untuk proses berhasilnya tidur cepat di malam hari, penting juga melupakan semua pikiran tentang dunia yang telah kamu dilewati sepanjang hari. Mulai lupakan segala kesibukan yang sehari-hari dilakukan, dan fokuslah untuk istirahat. Hal ini sangat membantu kita untuk bisa tidur cepat dan dengan pikiran yang nyaman.

BEROLAHRAGA
Mulai biasakan untuk olahraga setiap hari. Kamu bisa melakukannya pagi hari dengan olahraga pagi seperti jogging ataupun bersepeda. Hal ini juga dapat membantu kamu membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Nah itulah diatas beberapa tips melawan insomnia dan tidur cepat dimalam hari. Duh, jam tidur mimin juga masih berantakan nih :( Yuk mari kita coba sama - sama untuk menjaga kualitas tidur kita. Semoga artikel ini bermanfaat buat semua ya. :)
Komentar